Travel

Perjalanan Darat Tiga Negara : Thailand, Malaysia, Singapore

on
7 Juli 2018

Tahun 2017 lalu aku bersama tiga temanku yang semuanya cewek nekat jelajah tiga negara melalui jalur darat. Perjalanan darat tiga Negara ini aku namain perjalanan srikandi yaa karna cewek semua. Awalnya ga ada niat sama sekali untuk jelajah tiga negara sekaligus apalagi melalui jalur darat. Perjalanan ini bermula dari canda tawa saat kumpul bersama, saat itu salah satu temanku iseng ngajakin ke luar negeri, saat itu juga kita serentak berkata “AYUKKK”, mulailah kita ngobrol panjang lebar untuk kelanjutannya, karena sebelumnya aku pernah baca artikel orang tentang jelajah tiga negara melalui jalur darat akhirnya aku coba mengusulkan ke teman-temanku untuk jelajah tiga negara yaitu Thailand, Malaysia, dan Singapore. Menurut aku ini adalah perjalanan nekat karna kami semua belum pernah pergi ke luar negri tanpa agen travel, apalagi kami cewek semua, awalnya kami masih berfikir dua kali untuk melakukan perjalanan ini karna kalau cewek semua khawatir ada hal yang tidak di inginkan yaa you know lah, tapi akhirnya kami memberanikan diri untuk tetap melakukan perjalanan ini.

Persiapan Sebelum Berangkat

Pertama kali yang kami lakukan sebelum jelajah tiga negara ini yaitu kita tentukan tanggal keberangkatan dan pastinya perlu persiapan cuti kerja, setelah itu kami diskusikan juga secara matang mau kemana dulu kita melangkah, dan wisata apa aja yang akan kita kunjungi disana, bagaimana nanti dengan transportasi disana, dan bagaimana penginapan disana. Mulailah kita cari-cari informasi, lumayan banyak sih informasi yang didapat melalui google cuma masih kurang detail, tapi tetap saja informasi tersebut sangat membantu, selain itu saya juga cari-cari informasi di grup facebook Backpacker International, informasi di grup ini sangat membantu sekali karna kita dapat bertanya langsung dengan orang-orang yang memang sudah pengalaman. Setelah mencari informasi akhirnya kami memutuskan untuk memulai perjalanan dari Jakarta menuju Thailand menggunakan pesawat, lalu dari Thailand ke Malaysia melalui jalur darat, setelah Malaysia lanjut ke Singapore melalui jalur darat. Kita mulai memesan tiket pesawat keberangkatan, setelah tanggal keberangkatan sudah pasti kita mulai membuat itinerary, itinerary ini sangat penting, agar ketika sampai disana kita ga celingak celinguk tanpa arah dan tujuan, yaa walaupun pada akhirnya perjalanan ga sesuai itinerary yang sudah kami buat, tapi setidaknya berkat itinerary yang udah dibuat jadi ada gambaran ketika sudah berada di tempat tujuan.

Karna ini perjalanan darat jadi kami tidak mau repot-repot bawa koper, kami semua sepakat hanya membawa tas ransel dan tas kecil untuk barang-barang yang penting saja, ini agar meringankan perjalanan disana, barang-barang yang kami bawa hanya seperlunya saja kami tidak mau membebankan diri sendiri dengan membawa barang-barang yang tidak penting. Tak lupa juga membawa makanan instant dari Indonesia untuk berjaga-jaga kalau perut mulai keroncongan, obat-obatan juga tak lupa dibawa, selain itu juga kita perlu membawa terminal T untuk sambungan listrik karna jenis saklar di Indonesia dan di luar negri berbeda. Dan yang paling penting lagi yaitu tukar mata uang asing sesuai dengan negara yang ingin dikunjungi, waktu itu saya tukar mata uang Baht, Ringgit, dan Dollar Singapore.

Keberangkatan Awal Jakarta – Bangkok

Tiba pada hari keberangkatan perjalanan kami dimulai dari bandara Soekarno Hatta, tak lupa passport kami siapkan untuk chekin. Waktu itu kami naik pesawat Thai Lion menuju bandara Don Mueang Bangkok. Untuk perjalanan International akan ada pemeriksaan oleh imigrasi Indonesia disini passport kita akan di cap oleh petugas imigrasi, selain itu juga akan ditanya mendetail tujuan kita kesana untuk apa? waktu itu saya jawab untuk wisata, di tanya juga berapa lama disana?, ditanya juga akan menginap dimana? nahh ini harus memperlihatkan bukti kalau kita sudah booking hotel disana hal ini memang selalu ditanya petugas dan harus ada buktinya agar wisatawan Indonesia yang ke luar negri tidak menggelandang disana. Pertanyaan terakhir yaitu tiket pulang ke Indonesia, waktu itu kami tidak membeli tiket pesawat pulang karena kami berniat dari Singapore akan lanjut ke Batam menggunakan Kapal Ferry, dan ketika ditanya saya menjawab akan membeli tiket on the spot di pelabuhan Harboufront Singapore, selesai sudah pertanyaan akhirnya diperbolehkan masuk.

Tiba Di Bangkok

Pesawat Kami berangkat pukul 10.00 WIB, tiba di Bangkok pukul 14.25. Tibanya di bandara Don Mueang Bangkok langsung menuju loket imigrasi untuk di periksa passport dan nanti akan dikasih lembaran untuk di isi, yang tertera dalam lembaran itu adalah identitas lengkap, tempat tinggal atau hotel yang akan kita singgahi, pekerjaan, Negara asal, tujuan berkunjung ke negara itu dan lain-lain, semuanya harus diisi dengan jelas dan jangan sampai hilang karna lembaran itu akan diminta lagi ketika kita akan meninggalkan negara itu. Setelah selesai pemeriksaan kami keluar bandara, di dekat pintu keluar bandara Don Mueang banyak sekali yang menawarkan kartu internet, karna internet sangat penting untuk keperluan browsing dan komunikasi kamipun membeli satu kartu untuk dipakai bersama biar lebih irit dan ga mubazir kuota karna kuota yang ditawarkan lumayan besar saya lupa waktu itu berapa GB. Setelah selesai registrasi kartu perdana kami keluar bandara menunggu bus di depan pintu keluar, banyak taxi yang menawarkan tapi kami lebih memilih kendaraan umum semacam kopaja biar lebih irit, kita naik bus menuju Mocit sesampainya di Mocit kita melanjutkan perjalanan menuju hotel menggunakan MRT menuju stasiun Ratcadapisk, waktu itu kita booking hotel di SPB Paradise hotel, enaknya dari hotel ini ada fasilitas antar jemput menuju stasiun, kebetulan hotel ini tidak jauh dari stasiun. Kami menginap di hotel ini selama 2 malam. Selama di daerah sini kami jelajah beberapa tempat wisata, tak lupa juga kami berkunjung ke pasar Chatuchak, pasar ini sangat terkenal dikalangan wisatawan karna biasanya disini tempat untuk mencari oleh-oleh, pasar ini hanya buka pada hari Minggu saja, semua yang dijual disana sangat murah-murah dan sangat beragam, tak hanya barang saja yang dijual kuliner pun sangat lengkap disana.

Chatuchak Market

Setelah 2 hari di hotel SPB Paradise esoknya kami chekout dan berpindah hotel di glur hostel hanya 1 malam kami disini, kami pindah hotel agar lebih dekat untuk jelajah wisata di sekitar hotel itu.

Menuju Pattaya

Setelah puas jelajah Bangkok kami bergegas menuju Kota Pattaya, dari bangkok ke Pattaya kami menggunakan mobil elf waktu tempuh Bangkok ke Pattaya 3 jam, sebenarnya ada pesawat dari Bangkok menuju Pattaya harganyapun lumayan murah tapi kami tetap memilih perjalanan darat untuk sampai di Pattaya. Di Pattaya kami menginap 1 malam di hotel The Privi Suites, Setelah sampai kami langsung jelajah wisata di Pattaya. Keesokan harinya kami jelajah wisata lagi, Siang hari kita balik menuju terminal Pattaya untuk kembali ke Bangkok dan melanjutkan ke Malaysia. Kami di Thailand selama 4 hari ohiyaa untuk cerita detail wisata apa saja yang kami kunjungi dan transportasi yang kami gunakan serta harga atau uang yang kami keluarkan akan saya buat tulisan terpisah.

Bus Bangkok ke Pattaya, Transportasi dari Bangkok ke pattaya

Bus Dari Bangkok Menuju Pattaya

Perjalanan Darat Menuju Malaysia

Untuk lanjut perjalanan darat dari Thailand ke Malaysia sebenarnya bisa menggunakan kereta sleeper tapi sayang waktu itu kami sudah kehabisan tiket kereta dan akhirnya kami menggunakan bus untuk menuju Malaysia, untuk sampai ke Malaysia kita harus naik bus dulu menuju Hatyai. tiket Bus dari Bangkok menuju Hatyai bisa dibeli di terminal Southern disana sangat banyak loket bus yang tersedia, langsung saja membeli tiket diloket hati-hati banyak calo disana, kami beli tiket bus Bangkok menuju Hatyai harganya 750 Baht, perjalanan cukup lama sekitar 12 jam, tapi bus nya cukup nyaman karna jarak bangku depan belakang sangat luas tidak seperti bus yang ada di Indonesia, dan bus di Thailand semuanya bus tingkat. Kami mulai berangkat jam 9 malam dan tiba di Hatyai jam 9 pagi.

Terminal Southern (Tempat membeli tiket bus Bangkok – Hatyai)

Bus Bangkok ke hatyai

Bus Bangkok Menuju Hatyai

Setelah sampai terminal Hatyai lanjut naik minivan atau elf menuju Padang Besar tiket minavan yang kami beli seharga 50 Baht. Sebenarnya dari Hatyai ada mobil travel yang langsung menuju Kuala Lumpur tapi harganya lumayan mahal, akhirnya kami memilih untuk naik minivan saja menuju Padang Besar.  Perjalanan Hatyai menuju Padang Besar ditempuh selama 1 jam. Selama perjalanan darat menuju Padang Besar kami di sugguhkan pemandangan penduduk Thailand yang sedang merayakan Songkran Festival, serunya festival ini adalah semua orang bermain tembak-tembakan air dan saling menembak satu sama lain bahkan ada juga yang menggunakan selang dan gayung, setiap kendaraan yang lewatpun ikut ditembak dengan air termasuk kendaraan yang sedang kami tumpangi.

Minivan/Elf Dari Hatyai Menuju Padang Besar

Padang Besar ini  merupakan daerah perbatasan Thailand dengan Malaysia, waktu itu kami turun di imigrasi perbatasan Thailand dan Malysia untuk cap passport, setelah cap passport akan diminta lembaran yang dikasih saat pertama tiba di bandara Don Muaeng Bangkok, lalu akan dikasih lembaran baru dan harus di isi seperti sebelumnya. Sama seperti di Indonesia saat pengecekan passport akan ditanya oleh petugas imigrasi tujuan ke Malaysia untuk apa dan kota mana yang dituju, tinggal dimana, berapa hari disana, waktu itu kami menjawab 2 hari di Malaysia dan akan melanjutkan perjalanan darat ke Singapore. Selesai di periksa petugas imigrasi kami melanjutkan perjalanan menuju stasiun Padang Besar, tidak ada kendaraan umum untuk menuju kesana hanya ada mobil sewaan semacam mobil pangkal jadi harus sewa mobil itu seharga 300 Baht. Kebetulan sekali waktu itu ketemu dengan 2 Ibu-ibu orang Malaysia mereka ngajak join untuk sewa mobil menuju stasiun Padang Besar akhirnya per orang hanya mengeluarkan 50 Baht untuk transportasi menuju stasiun.

Kantor Imigrasi Padang Besar, Perbatasan Thailand dan Malaysia

Sesampainya di stasiun Padang Besar kami langsung menuju loket untuk membeli tiket KTM Komuter menuju stasiun Butterworth, perjalanan ditempuh selama 3 jam, tiket yang kami beli seharga 4 RM perorang. Tiba di stasiun Butterworth kami lanjut naik bus menuju Kuala Lumpur menggunakan bus, sialnya disini kami kena calo karna kami ga lihat ada loket tiket dan ternyata tiket loketnya ada di samping jalan setelah keluar dari stasiun, karna kena calo kami beli tiket seharga 38 RM perorang aslinya jauh lebih murah kalo ga kena calo. Waktu yang ditempuh dari Butterworth ke Kuala Lumpur kurang lebih 6 Jam dan kami akan sampai di Kuala Lumpur tengah malam dan itu membuat kami was-was. Kami turun di pemberhentian terakhir di TBS (Terminal Bersepadu Selatan), bayangan kami terminalnya ga jauh beda sama di Indonesia malam hari pasti serem takut banyak preman yaahh Indonesia banget lah pemikirannya, ternyata setelah sampai di TBS waw kami terkejut terminalnya jauh dari bayangan kami disini terminal rasa bandara, aman bangat dan ramai bahkan banyak pendatang yang sengaja tidur disana untuk menunggu pagi karna terminalnya indoor yaa jauhlah sama terminal di Indonesia yang identik dengan preman atau kriminal. Sampai disini kami langsung pesan grab car untuk menuju hotel yang sudah kami booking. sesampainya di hotel kami istirahat dan esoknya jelajah Kuala Lumpur. Kami hanya 1 hari 1 malam di Kuala Lumpur.

Perjalanan Darat Menuju Singapore

Selesai jelajah Kuala Lumpur kami lanjut perjalanan menuju Johor Malaysia menggunakan bus, kami berangkat dari terminal bersepadu selatan (TBS) menuju terminal larkin Johor, tiket yang kami beli seharga 20 RM, sampai diterminal Larkin kami pesan grab car menuju hotel euro, kami bermalam dihotel euro dan keesokan harinya jelajah wisata dijohor. Terakhir kami menuju Legoland setelah selesai berfoto di Legoland kami melanjutkan perjalanan  darat menuju Singapore, untuk menuju Singapore kami naik bus CW1 atau CW7  bus nya seperti busway, dari Legoland menuju Jurong East Singapore tarifnya 5 Dolar Singapore. Perjalanan ini tidak memakan waktu lama. Sebelum sampai di Jurong East Singapore akan diturunkan di imigrasi untuk cap passport dan seperti biasa lembaran yang didapat akan diminta dan akan dikasih lembaran yang baru. Selanjutnya kita naik bus CW3 atau CW4 untuk naik ini tidak perlu membeli tiket lagi cukup menunjukan tiket yang dikasih di awal.

Bus Menuju Jurong East Singapore

Sesampainya di Jurong East kami langsung menuju loket tiket MRT menuju Harboufront. Sampai di Harboufront kami langsung menuju loket pelabuhan untuk membeli tiket kapal ferry tujuan Batam kapal berangkat malam. Sambil menunggu jam berangkat kami sempatkan untuk jelajah Singapore, biar ga repot bawa-bawa ransel kami menitipkan tas di tempat penitipan pelabuhan. Malam pun tiba sebentar lagi kapal menuju Batam akan berlabuh, seprti biasa sebelum masuk kapal akan ada pemriksaan imgrasi dan cap passport. Akhirnya selesai sudah perjalanan darat tiga negara. Selanjutnya eksplore Batam dan balik ke Jakarta.

TAGS
RELATED POSTS
53 Comments
  1. Balas

    Lelyna

    8 Juli 2018

    Ini dia cewek-cewek tangguh! Ceritanya seru banget, terus mendadak pengen langsung terbang ke thailand deh. Hahaha

    • Balas

      Siti Mutmainah

      9 Juli 2018

      Cuss Kibarkan sayap-sayap buat terbang haha

  2. Balas

    Maria Widjaja

    9 Juli 2018

    Seru kelihatannya perjalanan Srikandi ini. Selama ini aku hanya berani melakukan perjalanan seperti ini kalau masih di dalam negeri. Setelah membaca artikel ini jadi termotivasi untuk menjelajah dunia luar.

    • Balas

      Siti Mutmainah

      9 Juli 2018

      Alhamdulillah ada yang termotivasi, perlu di coba ka rasakan sensasinya hhe 😀

  3. Balas

    ariwidi

    9 Juli 2018

    keren banget

    • Balas

      Siti Mutmainah

      9 Juli 2018

      thanks ka 😀

  4. Balas

    Taumy

    9 Juli 2018

    Keren sekali, perjalan darat 3 negaranya. Salut. Berarti, next tripnya bisa cobain 3 negara lagi. Thailand-Cambodia-Vietnam. Bisa milih start point Bangkok lagi.

    • Balas

      Siti Mutmainah

      9 Juli 2018

      yaa semoga next bisa nyoba Thailand-Cambodia-Vietnam 😀

  5. Balas

    Rama Murtaba

    9 Juli 2018

    Coba mampir ke Platinum Mall dan MBK juga kak kalau ke Bangkok lagi. Kedua mall ini ibarat ITC yang dimiliki kota Bangkok. Jd pasti murah-murah.

    • Balas

      Siti Mutmainah

      9 Juli 2018

      Iya waktu itu sempat mampir ke MBK, tapi kalo ke Platinum ga kesana next time kalo ke Bangkok lagi saya coba ke Platinum, thanks infonya ka 😀

  6. Balas

    Antin Aprianti

    9 Juli 2018

    Ih kece sekali kalian, backpackeran langsung ke tiga negara. Pengalaman seru banget pasti nih.

    • Balas

      Siti Mutmainah

      9 Juli 2018

      Iya seruu banget ka berasa banget kesan perjalanannya kalo lewat darat 😀

  7. Balas

    Kartini

    9 Juli 2018

    Wiw srikandi traveller.. Seru ya, cerita perjalanannya.. Akuu mau ke LN juga tapi mau ngurus paspor gak jadi-jadi hehe.

    • Balas

      Siti Mutmainah

      9 Juli 2018

      Cepet diurus ka seblum harga buat pasport naik haha

  8. Balas

    Firdaus Soeroto

    9 Juli 2018

    Keren euy! Bener-bener buat gua pengen pergi ke luar negeri jadinya, khususnya ke tiga negara itu. Thank you for sharing this!

    • Balas

      Siti Mutmainah

      9 Juli 2018

      semoga segera terlaksana, u are welcome

  9. Balas

    Kurnia

    9 Juli 2018

    Jadi pengen Backpacker an ke Malaysia, Singapore dan Thailand sekaligus. Kira-kira pas di Thailand nya ada kendala di bahasa ga ya?

    • Balas

      Siti Mutmainah

      9 Juli 2018

      iya lumayan terkendala ka karna di Thailand penduduknya ga banyak yang bisa bahasa inggris tapi dibantu dengan gerak isyarat atau gambar di HP misalnya kalo mau tanya tujuan ke suatu tempat pasti mereka paham, kita juga harus paham sama gerak isyarat nya sih hihi

  10. Balas

    febi

    9 Juli 2018

    Mantab petualangannya, jadi bikin mau nyoba..hehe

    • Balas

      Siti Mutmainah

      9 Juli 2018

      perlu dicoba ka dan rasakan sensasinya haha

  11. Balas

    ichanisa

    9 Juli 2018

    mantep.. saya cm baru Malaysia ini langsung 3 negara, ajak-ajak donk, hehe

  12. Balas

    Tuty prihartiny

    10 Juli 2018

    Catatan perjalanan darat ke tiga negara Asean yang kakak sampaikan keren banget. jelas, dan menggoda pembaca seperti saya yang belum pernah mencoba pengalaman seperti kalian, saya simpan ya link tulisan kakak. Semoga ada waktunya ke sana juga. Aamiin

  13. Balas

    Dayu Anggoro

    10 Juli 2018

    Mantap banget bisa backpackeran ke 3 negara lewat darat. Nanti boleh nanya2 yah Mba untuk detail budget selama di sana,

  14. Balas

    Evi

    10 Juli 2018

    Wah.. Jadi kangen sama Bangkok.. Makanan nya enak-enak dan buah-buahan berlimpah.. Dengan harga yang terjangkau.. Jadi pengen jajan mulu.. 🙂

  15. Balas

    Achmadi

    10 Juli 2018

    Wah seru sekali pengalaman keliling 3 negara lewat darat, saya baru bisa keliling Indonesia saja hehe semoga suatu saat bisa kesana.

  16. Balas

    Achmadi

    10 Juli 2018

    Wah keren banget bisa explore 3 negara lewat darat, saya baru bisa explore Indonesia lewat darat. Semoga suatu saat bisa kesana juga.

  17. Balas

    Yunita Tresnawati

    10 Juli 2018

    wah keren banget dapat tiga negara. Selama ini aku backpackeran paling dua negara aja. Memang Thailand, Singapore apalagi Malaysia relatif aman buat backpacker perempuan. Saranku kalau pergi seperti ini sebaiknya yang bisa diurus via online selama di Indonesia diurus lebih dulu, selain hemat waktu dan uang juga kitanya aman karena kita kan ga tau apa yang terjadi di lapangan. Semangat terus yaa

  18. Balas

    Khusnul

    10 Juli 2018

    Gw terpampang nyatah manjah disaanaaah 😂

  19. Balas

    elsalova

    10 Juli 2018

    Stasiun padang besaaar? Nama nya berasa kita berada di tanah air ya kak.. haha

  20. Balas

    Galuh

    10 Juli 2018

    kena random check gak waktu masuk ke singapur? biasanya suka banyak kena tuh disangka mau jadi tki

  21. Balas

    Airin

    10 Juli 2018

    Woww.. amazing, kapan ya aku kesana

  22. Balas

    Putri Reno

    11 Juli 2018

    Tiga dara overland (perjalanan darat) ke tiga negara. Salut euy kalian tangguh

  23. Balas

    Putri Reno

    11 Juli 2018

    Tiga dara overland (perjalanan darat) ke tiga negara. Salut euy kalian tangguh. Total berapa hari kak perjalan dr bangkok ke singapura

  24. Balas

    Inez

    11 Juli 2018

    share dong kira-kira habis berapa utk ke tiga negara ini

  25. Balas

    Yudi

    11 Juli 2018

    Seru Keliling2 Thailand, Malaysia dan Singapura.. perlu budget berapakah semuanya?.

  26. Balas

    Lisa Fransisca

    11 Juli 2018

    Wow srikandi-srikandi tangguh! Seru banget kak perjalanan darat ke-3 negara sekaligus.

  27. Balas

    lenifey

    11 Juli 2018

    Sempet kepikiran pengen jelajah 3 negara ini juga.. cuma kemaren keburu ke jepang jadi blm sempet. Padahal ku ingin sekali ke 3 negara ini.. btw habis berapa kak total?

  28. Balas

    Kalena Efris

    11 Juli 2018

    Kereeennn kakk. Jadinya berapa hari kak perjalanannya? dan berapa budgetnya? mau donk kak dirinciin.

    Ehh btw grup Backpacker International emang bener informatif bangeeetttttttt sihh.

  29. Balas

    Hayati

    11 Juli 2018

    Perjalanan 3 negara bersama sahabat apalagi cewek semua, kebayang sih serunya gimana 😍😍😍

  30. Balas

    EKA MUCHLIS SALIM SIREGAR

    11 Juli 2018

    kalau dulu saya sebaliknya mbak… saya dari singapore dulu baru ke bangkok….
    seru saat imigrasi ke bangkoknya… ngantri tiket.. berasa kayak di film2 gitu suasanya…

  31. Balas

    Diah Sally M

    11 Juli 2018

    Aahh gila ini pasti asik banget. Keren banget ih kaa. Terlebih jalannya bareng sahabat” hebat. 3 negara rasanya kurang yaa jahaha

    • Balas

      Siti Mutmainah

      14 September 2018

      betul ka berasa kurang pengennya lebih lama lagi lebih banyak lagi haha dasar ya manusia gada puasnya 😀

  32. Balas

    ajiza desi purnamasari

    11 Juli 2018

    Seru yah langsung 3 negara..
    Keren juga trio wanita tangguh ini

    • Balas

      Siti Mutmainah

      14 September 2018

      iya seru bgt ka hhe

  33. Balas

    titi

    12 Juli 2018

    keren bgt sih, nggakmabok kamu na sepanjang itu diperjalanan. hhe

    • Balas

      Siti Mutmainah

      14 September 2018

      ga dong mba malah menikmati banget hehe

  34. Balas

    Agnes

    12 Juli 2018

    Ih keren banget ka petualangannya, share dong ka abis budget berapa, semoga suatu hari bisa jejalan seru kaya gini juga

    • Balas

      Siti Mutmainah

      14 September 2018

      nanti di share di part 2 ka hehe, aminn semoga bisa disegerakan ka 🙂

  35. Balas

    Mela

    12 Juli 2018

    Aiihh seru Ka.. Klo dikorek lagi bisa dapet insight dari tiap negara di perjalanan itu hehehee.. Kapan2 mo nyoba ahhh..

    • Balas

      Siti Mutmainah

      14 September 2018

      iya ka hhe, selamat mencoba ka hhe

  36. Balas

    Henry Irawan

    12 Juli 2018

    Keren, ke tempat baru dan jalur darat pula..

    Tak terlupakan ya pasti pengalamannya mbak

    • Balas

      Siti Mutmainah

      14 September 2018

      iya ka tak trlupakan pengalamanya berasa banget soalnya hhe

  37. Balas

    DouglaUpsen

    11 Agustus 2018

    Hello,
    Downloads Mp3 Scene Music Private FTP
    Dance/Trance/House/Techno/Electro

    https://0daymusic.org

    Private FTP MP3/FLAC 1990-2018:

    Plan A: 20€ – 200GB – 30 Days
    Plan B: 45€ – 600GB – 90 Days
    Plan C: 80€ – 1500GB – 180 Days

    Updated: 2018-07-03 FTP list txt

    Best regards,
    Mark

LEAVE A COMMENT

St.Mutmainah
Indonesia

Panggil aja INA or Kemux . Suka Makan suka Jalan

Kategori
SEKILAS

Coretan cerita perjalanan dan sharing kehidupan,

serta berbagi pengalaman.

Silakan di comment kasih masukan,

karna kritik dan saran bisa kujadikan pembelajaran :).

Trimakasih sudah mau mampir di blogku 😀