Tips & Trik

Tips Mendaki Gunung Saat Haid

on
22 Juni 2021

tips mendaki gunung saat haid

Mendaki gunung saat ini sudah menjadi trend, tak hanya pria saja saat ini banyak juga di minati oleh wanita. Namun terkadang saat sudah merencanakan untuk mendaki gunung wanita tiba-tiba datang bulan atau haid. Banyak mitos yang beredar jika wanita sedang haid tidak di sarankan untuk mendaki gunung. Ingat yaa itu hanya mitos pada kenyataannya wanita tetap di perbolehkan mendaki gunung saat haid. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya akan berbagi tips mendaki gunung saat haid.

1. Perhatikan Kondisi Tubuh Sebelum Mendaki

Wanita saat haid akan mengalami rekasi yang berbeda-beda, ada yang akan merasakan keram pada bagian perut ada juga yang tidak merasakan sakit sedikitpun. Jika kamu sering merasakan keram saat haid sebaiknya di tunda dahulu mendaki gunungnya, hal ini dilakukan demi keselamatan diri sendiri juga, jadi jangan memaksakan diri yaaa.

2. Bawalah Pembalut Untuk Ganti Agar Tidak Bocor

Ketika memutuskan mendaki gunung saat haid bawalah pembalut cadangan dan gantilah saat pembalut sudah terasa penuh. Karna di gunung tidak ada toilet dan tak ada air maka simpanlah dulu pembalut yang sudah dipakai ke dalam plastik setelah itu jangan langsung di buang begitu saja, bawalah pembalut tersebut sampai kamu turun ke basecamp kemudian barulah cuci dan buang pembalut tersebut.

Kenapa tidak langsung di buang saja di semak-semak?. Hal tersebut sangat di larang yaa karna pembalut yang kotor berlumuran darah jika dibuang sembarangan maka khawatir akan menimbulkan hal-hal mistis yang tidak kita inginkan.

3. Bawalah Obat-Obatan

Jika mendaki gunung saat haid bawalah beberapa obat-obatan, seperti obat pereda nyeri untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba perut terasa sakit. Bawa juga obat penambah darah karna saat kondisi haid banyak mengeluarkan darah, jika merasa pusing minumlah obat penambah darah. Minyak oles atau balsem bisa juga digunakan untuk membalur bagian anggota tubuh yang nyeri saat haid.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Saat sedang haid hindari minuman berwarna apalagi minuman bersoda, perbanyaklah minum air putih saat mendaki gunung. Dengan banyak minum air putih akan meminimalisir kemungkinan mengalami pusing dan sakit perut.

5. Jangan Melamun

Wanita yang sedang haid akan lebih mudah di rasuki oleh makhluk tak kasat mata, maka dari itu sebisa mungkin saat mendaki gunung jangan melamun. Baiknya banyakin zikir dan doa agar tetap aman saat perjalanan.

Itulah tips mendaki gunung saat haid, jadi ga usah khawatir yaa bagi wanita tetap bisa kok mendaki gunung saat haid.

Baca Juga : Tips Solo Traveling Untuk Wanita

TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT

St.Mutmainah
Indonesia

Panggil aja INA or Kemux . Suka Makan suka Jalan Stay di Jakarta . Mari berteman :D

SEKILAS

Coretan cerita perjalanan dan sharing kehidupan,

serta berbagi pengalaman.

Silakan di comment kasih masukan,

karna kritik dan saran bisa kujadikan pembelajaran :).

Trimakasih sudah mau mampir di blogku 😀