IndonesiaTraveling

Backpacker Dari Medan Ke Sabang Aceh

 


backpacker dari medan ke sabang aceh

Pulau Sabang merupakan pulau paling barat Indonesia. Di sini terdapat bangunan tugu nol kilometer sebagai simbol ujung paling barat Indonesia. Tugu inilah yang menjadi tujuan utama para pelancong. Tidak hanya tugu kilometer, di pulau Sabang juga banyak wisata yang dapat di kunjungi, mulai dari pantai, curug, bukit dan wisata lainnya. Jika kalian ingin backpacker dari Medan ke Sabang Aceh, berikut transportasinya.

1. Menggunakan Pesawat Dari Medan Ke Aceh

Transportasi pesawat cocok untuk kaum backpacker yang ga punya banyak waktu karna perjalanan yang di tempuh hanya 1 jam. Jika menggunakna pesawat dari medan booking lah tiket dari bandara Kualanamu (KNO) menuju bandara Sultan Iskandarmuda (BTJ) Banda Aceh. Harga tiket pesawat berkisar dari 300ribuan hingga 1jutaan, tergantung maskapai yang dipilih. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah pesanlah tiket dari jauh hari karna biasanya ada promo dari aplikasi booking online.

2. Menggunakan Bus Dari Medan Ke Aceh

Bus cocok untuk backpacker yang ingin menikmati perjalanan, pastinya jika menggunakan bus harus punya waktu yang banyak, karna perjalanan dari Medan ke Aceh menggunakan bus cukup memakan waktu yang lama sekitar 12 jam. Harga tiket bus bervariasi mulai dari 180ribu – 300ribuan (harga dapat berubah sewaktu-waktu), harga ini tergantung tipe bus yang di pilih mulai dari ekonomi hingga executive. Untuk tiket bus bisa booking online di aplikasi traveloka atau aplikasi lainnya, bahkan kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika aplikasi lagi mengadakan promo.

3. Menggunakan Kendaraan Pribadi Dari Medan Ke Aceh

Selain pesawat dan bus banyak juga yang menggunakan kendaraan pribadi dari Medan ke Aceh. Jika sekeluarga atau bersama teman bisa menggunakan mobil, ada juga loh yang menggunakan motor biasanya dari komunitas bikers. Jika memilih menggunakan transportasi pribadi harus siap fisik,waktu, dan kendaraan dalam kondisi yang baik. Untuk alternatif ini di sarankan melakukan perjalanan di waktu pagi hingga sore hari, jika waktu malam tiba sebaiknya istirahatlah dan mencari penginapan karna perjalanan malam sangat gelap dan rawan begal.

Cara Menuju Pulau Sabang Dari Banda Aceh

Pelabuhan ulee Lheue Aceh
Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh
Pelabuhan Balohan Sabang
Pelabuhan Balohan Sabang

 

 

 

 

 

 

 

Setelah tiba di Banda Aceh menggunakan beberapa alternatif transportasi yang sudah disebutkan di atas kita bisa explore kota Banda Aceh terlebih dahulu atau bisa juga langsung menuju pulau Sabang. Untuk menuju pulau sabang berangkatlah dari pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan Sabang. Berikut beberapa jenis kapal untuk menuju pulau Sabang.

1. Menggunakan Kapal Lambat
backpacker dari medan ke sabang aceh
Tiket Penumpang Kapal Lambat

Jika kalian membawa kendaraan dari Banda Aceh menuju Pulau Sabang maka kalian bisa menggunakan kapal lambat atau kapal ferry. Ada beberapa jenis kapal lambat yaitu kapal Aceh Hebat 2 (AH2) dan kapal Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi (BRR). Harga kapal lambat lebih terjangkau yaitu Rp.28.800,-/orang dewasa (harga sewaktu-waktu dapat berubah), untuk kendaraan beda harga lagi yaa. Waktu tempuh kapal lambat sekitar 1,5 jam – 2 jam perjalanan.

Suasana Di Dalam Kapal Lambat
2. Menggunakan Kapal Cepat
Tiket Kapal Cepat

Jika ingin menghemat waktu pilihlah kapal cepat untuk menuju ke pulau Sabang. Kapal cepat hanya digunakan untuk penumpang, kapal ini tidak bisa mengangkut kendaraan. Harga tiket kapal cepat Rp.80.000,-/orang dewasa (harga sewaktu-waktu dapat berubah), harganya memang lebih mahal tapi terbayarkan dengan kondisi kapal yang lebih nyaman dan waktu tempuh yang lebih cepat. Perjalanan menggunakan kapal cepat hanya memakan waktu sekitar 45 menit – 1 jam.

Ada beberapa jenis kapal cepat di antaranya yaitu kapal Express Bahari (EB), kapal Express Cantika (EC), dan kapal Putri Anggraeni (PA). Untuk harga dan waktu tempuh semuanya sama hanya jadwal perjalanannya saja yang berbeda.

Untuk yang tidak membawa kendaraan ga usah khawatir karna ketika sampai di pelabuhan Balohan Sabang akan banyak yang menawarkan sewa motor atau mobil. Harga sewa motor mulai dari 80 ribu-100 ribu, untuk sewa mobil mulai dari 300ribuan (harga sewaktu-waktu dapat berubah).

Kapal putri anggraeni sabang aceh
Kapal Cepat Putri Anggraeni
Suasana Di Dalam Kapal Cepat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Itulah cara backpacker dari Medan ke Sabang Aceh, pilihlah transportasi yang sesuai dengan budget, waktu dan kenyamanan kalian yaa.

Baca Juga; Bepergian Saat Pandemi Covid, Ini Yang Harus Di Siapkan

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button