Indonesia Traveling

Camping Di Pulau Semak Daun

on
13 April 2020

Pulau semak daun adalah sebagian pulau kecil yang ada di perairan Kepulauan Seribu Jakarta. Pulau semak daun salah satu pulau kecil yang tak berpenghuni namun sudah banyak diketahui oleh para traveller. Pulau ini sudah banyak dikunjungi dan biasanya pengunjung akan bermalam di pulau ini menggunakan tenda. Oke kali ini aku akan berbagi pengalaman camping di pulau semak daun.

pulau semak daun

pulau semak daun

Cara Menuju Pulau Semak Daun

  1. Berangkat dari pelabuhan kali adem yang berada di Muara Angke Jakarta.
  2. Sampai di pelabuhan kali adem belilah tiket kapal dengan tujuan Pulau Pramuka harga tiketnya Rp.40.000 – Rp.50.000, Jarak yang ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan laut.
  3. Setelah sampai di Pulau Pramuka untuk menuju ke Pulau Semak Daun harus menyewa perahu kecil, karna untuk menuju pulau semak daun dan pulau kecil sekitarnya tidak ada kapal umum. Harga sewa kapal mulai dari Rp.500.000 – Rp.800.000 tergantung kapasitas kapal dan jumlah orang, (harga sewaktu-waktu dapat berubah yaa). Disarankan ajak rombongan yang banyak biar harga sharecost lebih murah.
  4. Setelah sampai di pulau semak daun kita harus membayar biaya simaksi sebesar Rp.20.000 perorang.
  5. Setelah itu kita bisa menikmati keindahan di sekitar pulau semak daun deh.
camping di pulau semak daun

Kapal yang disewa untuk menuju pulau semak daun

Persiapan Camping Di Pulau Semak Daun

Kurang afdhol rasanya jika mengunjungi pulau semak daun tapi ga camping di pulau ini. Biasanya warga dari kota jakarta ingin refreshing dan mencari ketenangan jauh dari hiruk pikuk kota dan kemacatan di jakarta alhasil pergilah ke pulau untuk mencari ketenangan sesaat. Nahh berikut ini yang harus disiapkan sebelum camping :

  1. Bawalah perlengkapan camping dar rumah (tenda, senter, hammock, alat masak dan alat makan, slepping bag, flysheet, dan perlengkapan camping lainnya), karna di pulau ini tidak meyediakan sewa perlengkapan camping.
  2. Belilah bahan makanan dan cemilan dari rumah atau beli pada saat tiba di pulau pramuka karena pulau semak daun pulau yang tak berpenghuni jadi akan sulit mencari bahan makanan. Disana tersedia warung klontong tapi hanya menjual jajanan ringan dan minuman hangat.
  3. Bawa baju ganti karna disana kita bisa snorkeling keliling pulau menggunakan perahu yang sudah kita sewa. biasanya awak kapal sudah menyediakan alat snorkling untuk disewakan harganya Rp.35.000 (pelampung, Kacamata snorkel, dan fin) btw harga bisa berubah sewaktu-waktu.
snorkling di pulau semak daun

Snorkling di pulau semak daun

pasir timbul

Berkunjung ke pulau pasir timbul

Baca Juga; Camping di Pantai Wohkudu

 

TAGS
RELATED POSTS

LEAVE A COMMENT