IndonesiaTraveling

Perjalanan dari Jogja Ke Bali Naik Motor

Siapa bilang ke Bali harus naik pesawat ? beberapa tahun lalu saya mencoba hal baru yaitu backpackeran ke Bali  via daratan menggunakan motor. Wagelasehh awalnya ga kebayang bakal gimana capeknya nanti, tapi apa salahnya mencoba hal baru toh nanti bisa jadi pengalaman seru yang bisa diceritain ke anak cucu kelakk eeaakk haha. Oke saya mulai start perjalanan dari Jogja ke Bali naik motor bersama dengan teman-teman. Oiya sebelum mulai perjalanan banyak yang harus dipersiapkan berikut persiapannya :

Beberapa hal yang perlu di persiapkan secara matang :

Berikut ini yang perlu disiapkan sebelum memulai perjalanan dari Jogja ke Bali naik motor :

  1. Stamina, yapp sebelum bepergian jauh stamina tubuh harus diperhatikan semaksimal mungkin karna perjalanan Jogja menuju Bali bukanlah perjalanan yang singkat, apalagi perjalanan ditempuh menggunakan sepeda motor. Pastikan sebelumnya istirahat yang cukup agar kondisi badan tetap fit selama perjalanan.
  1. Cek kondisi motor, sebelum perjalanan jauh sebaiknya cek kondisi motor yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Sebaiknya sebelum digunakan untuk bepergian jauh kendaraan di service terlebih dahulu agar tidak ada kendala saat digunakan.
  1. Bawa barang seperlunya saja, karna perjalanan ditempuh menggunakan motor maka pastikan barang bawaan yang di bawa jangan terlalu banyak, hal seprti itu hanya akan menambah beban saja. Bawalah perlengkapan seperlunya agar barang bawaan terasa ringan, karna perjalanan yang ditempuh tidak singkat.
  1. Obat-obatan pribadi, yang bisa paham akan tubuh kita hanyalah diri kita sendiri, jadi bawalah obat-obatan sesuai yang dibutuhkan. Terutama minyak angin dan koyo sangat penting untuk di bawa dan air minum harus selalu sedia selama perjalanan.
  1. Perlengkapan, perlengkapan badan sangat penting seperti jaket. Jaket sangat penting untuk dipakai ketika akan bepergian jauh menggunakan motor ini agar angin tidak mudah masuk dalam tubuh. Lalu pakailah helm yang berSNI demi keselamatan dalam berkendara, dan jangan lupa membawa surat-surat kendaraan yang lengkap.

Memulai Perjalanan

Setelah semuanya beres, kami mulai perjalanan start jam 3 pagi. Sengaja berangkat pagi sekali untuk menghindari macet dan bisa mempersingkat waktu juga. Jalur yang kami lalui yaitu lewat jalan solo, kami menggunakan google maps untuk petunjuk jalan. Ketika waktunya shalat subuh kami sudah sampai di Klaten, kami langsung mencari pom bensin untuk shalat subuh sekaligus isi bensin, setelah itu kami melanjutkan perjalanan.

Tak terasa berbagai kota sudah kami lalui, badan pun mulai lelah dan perut pun rasanya sudah mulai lapar. Akhirnya kami memutuskan untuk istirahat sejenak sekaligus makan. Setelah kami rasa cukup istirahat, kami pun melanjutkan perjalanan. Setiap waktunya shalat kami selalu berhenti di masjid atau pom bensin untuk menyempatkan shalat. Ketika lelah pun kami selalu berhenti ditempat yang bisa dijadikan tempat istirahat seperti pom bensin, masjid, atau mini market.

Tak terasa hari sudah gelap sekitar jam 10 malam kami sudah sampai di Probolinggo Jawa Timur. Kami sepakat untuk tidak melanjutkan perjalanan dan bermalam dirumah teman. Esok harinya baru kami melanjutkan perjalanan untuk sampai di Bali.

TIPS KESELAMATAN SELAMA PERJALANAN

  1. Istirahat

Ketika badan mulai terasa lelah jangan paksakan untuk melanjutkan perjalanan, carilah tempat istirahat untuk merilekskan badan, istirahatlah yang cukup. Jika terasa ngantuk pun jangan di paksakan untuk melanjutkan perjalanan karna ini hanya akan membahayakan diri, cari lah pom bensin terdekat untuk tidur sejenak.

  1. Shalat

Bagi yang beragama islam shalat 5 waktu tidak boleh ditinggalkan walaupun sedang dalam perjalanan. Jangan lupa juga setelah shalat selalu berdoa agar diberi kelancaran saat perjalanan dan diberikan keselamatan dari berangkat hingga kembali pulang.

  1. Carilah Teman yang sama-sama bisa naik motor

Ketika perjalanan jauh badan pasti akan terasa pegal, untuk tetap menjaga stamina tubuh saat perjalanan maka sebaiknya mengendarai motor secara bergantian. Oleh karna itu penting sekali ketika ingin perjalanan jauh menggunakan motor carilah teman yang sama-sama bisa mengendarai motor.

  1. Selalu sedia Air Minum dan Roti

Air Minum sangat penting dan harus selalu ada saat perjalanan agar tidak dehidrasi. Begitu juga roti, roti sangat penting dibawa karna bisa dimakan ketika dalam keadaan darurat. Misal disekitar perjalanan tidak ada warung makanan jadi kita bisa makan roti untuk mengganjal perut yang mulai lapar. Karena kalau sudah terasa lapar dan diabaikan begitu saja badan bisa jadi gemeteran ini akan membuyarkan konsentrasi saat berkendara.

  1. Isi Full Bensin

Ketika Bensin sudah mulai berkurang sebaiknya jangan menunggu terlalu minim untuk mengisi. Ketika bensin sudah berkurang setengah langsunglah isi full bensin karna di jalan depan kita tidak tau apakah ada pom bensin atau penjual bensin eceran atau tidak. Hal ini untuk menghindari kehabisan bensin saat dipertengahan jalan, karna kalau sampai kehabisan bensin di tengah jalan ini akan membuat repot dan hanya akan menghabiskan waktu perjalanan saja.

  1. Hati-Hati

Tetaplah utamakan keselamatan, jangan tergesa-gesa ingin segera sampai tujuan. Gunakan kecepatan normal saat berkendara jangan gunakan kecepatan maksimal. Nikmatin saja setiap perjalanannya, kalian bisa menikmati perjalanan dengan mencoba berbagai makanan khas di setiap kota yang  dilewati. Tidak ada salahnya kan mampir sebentar untuk mencoba kuliner khas disetiap daerah.

Menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Keesokan harinya setelah bermalam di Probolinggo,  kamipun siap untuk melanjutkan perjalanan. Jam 10 pagi kami mulai melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Ketapang Banyuwangi untuk menyebrang ke pelabuhan Gilimanuk Bali.

Tepat jam 3 sore kami sampai di pelabuhan Ketapang Banyuwangi. Setelah sampai kami menuju loket pembelian tiket kapal ferry. Oiya hati-hati ketika berada di pelabuhan karna banyak calo disini, sebaiknya ketika sudah sampai langsung saja masuk pelabuhan dan mencari loket pembelian tiket. Jangan bertanya pada orang lain selain petugas yang menggunakan seragam karna dikhawatirkan dia adalah calo.

Setelah selesai beli tiket dan mengisi data penumpang dan data kendaraan, kami langsung memasukan motor ke dalam kapal. Kapal Banyuwangi – Bali ini tersedia 24 Jam, kapal akan datang setiap 1 jam sekali. Jadi kalian ga usah khawatir tidak kebagian kapal.

Harga tiket kapal penyebrangan banyuwangi – bali sangat murah yaitu Rp.7.500 per orang dewasa, dan untuk motor Rp.8.500 ini harga tiket untuk motor golongan 1 ya. Waktu tempuhnya tidak lama hanya sekitar 35 Menit.

Perjalanan dari jogja ke bali naik motor
Di dalam kapal ferry menuju pelabuhan Gilimanuk Bali

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also
Close
Back to top button