Indonesia Traveling

Backpacker Murah Ke Sumba

on
3 Juni 2020

Tips Backpacker murah ke Sumba

Tips Backpacker Murah Ke Sumba

Sumba kini sudah lebih terkenal sejak beberapa tempat wisatanya yang dijadikan sebagai lokasi syuting film susah sinyal. Keindahannya yang memukau membuat wisatawan melirik Sumba sebagai pilihan untuk berwisata. Namun ada beberapa pertimbangan juga yang membuat wisatawan berfikir dua kali untuk menjelajah Sumba, salah satunya biaya yang mahal untuk bisa sampai ke Sumba. Tapi ga usah khawatir kita bisa backpackeran ko biar biaya yang di keluarkan tidak menguras kantong. Berikut Tips backpacker murah ke Sumba.

Baca Juga: Wisata Di Sumba Yang Ga Boleh Dilewatkan

Tips Backpacker Murah Ke Sumba

Banyak cara untuk bisa sampai ke Sumba tapi dengan biaya yang ga menguras kantong. Berikut tipsnya :

1. Menggunakan transportasi darat dan laut.

Buat kaum backpacker yang punya banyak waktu dan ingin menikmati perjalanan menggunakan transportasi darat dan laut bisa dijadikan alternatif. Berikut rute dan biayanya :

VIA JALUR LAUT

Memilih alternatif menggunakan jalur laut hanya disarankan untuk yang memiliki banyak waktu karna perjalanannya membutuhkan waktu berhari-hari yaitu sekitar 4 hari 3 malam. Kelebihannya menggunakan jalur laut biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibanding pesawat. Namun untuk yang mabok laut tidak disarankan yaa.

Untuk rute perjalanan laut dari pelabuhan Tanjung perak Surabaya menuju pelabuhan Waingapu Sumba Timur. Jika berangkat dari Jakarta untuk menuju Surabaya bisa menggunakan kereta yaa, pilih kereta ekonomi yang harganya lebih murah. Untuk jadwal kapal bisa kalian cek di web www.pelni.co.id dan jangan lupa saat cek tentukan tanggal keberangkatan.

VIA JALUR DARAT

Alternatif lain bisa ditempuh melalui jalur darat, namun menggunakan jalur darat cukup menguras waktu dan tenaga. Menggunakan jalur darat sangat disarankan bagi yang suka touring, kelebihannya jika melalui jalur darat kita bisa singgah atau mampir di beberapa daerah atau wisata yang kita lewati. Jika memilih alternatifΒ  jalur darat bisa menggunakan kendaraan umum atau menggunakan kendaraan pribadi.

2. Menggunakan Transportasi Udara

Jika memilih menggunakan transportasi udara atau pesawat ada dua pilihan bandara yang ada di Sumba yaitu bandara Waikabubak berada di Tambolaka Sumba Barat dan bandara Waingapu berada di Sumba Timur. Harga tiket dari Jakarta tujuan Sumba lumayan mahal yaitu berkisar antara 1,6juta-2,5jutaan one way/sekali jalan.

Tapi tenang aja ada trik mendapatkan harga tiket pesawat murah untuk sampai di Sumba. Berikut triknya:

Trik Mendapatkan Harga Tiket Pesawat Murah Tujuan Sumba

– Booking tiket beberapa bulan sebelum keberangkatan, karena kita bisa mencari-cari promo tiket pesawat untuk mendapatkan harga murah.

– Jangan membeli tiket dengan tujuan langsung ke Sumba tapi belilah tiket dari Jakarta tujuan Bali pilih penerbangan pagi karna harganya lebih murah selain itu penerbangan pagi jarang delay. Untuk opsi ini kalian bisa mampir wisata dulu ke Bali atau langsung memilih lanjut penerbangan ke Sumba).

– Kemudian belilah tiket dari Bali tujuan Sumba (Waikabubak atau Waingapu). Jika dari Bali kalian memilih untuk langsung melanjutkan penerbangan ke Sumba, pilihlah jam keberangkatan yang sesuai dengan waktu tiba tiket yang dipesan sebelumnya. Tapi jangan pilih waktu yang mepet karna khawatir pesawat sebelumnya delay bisa-bisa ketinggalan pesawat deh. Bukanya untung eh malah buntung.

Nahh Jalur udara dengan trik harga murah sangat cocok untuk kaum backpacker namun yang tidak punya banyak waktu.

TAGS
RELATED POSTS
18 Comments
  1. Balas

    Lithaetr

    4 Juni 2020

    Sumba salah satu tempat di Indonesia yang menjadi wishlist saya buat dikunjungi. Jadi informasi ini sangat berguna bagi saya πŸ™πŸ»

  2. Balas

    Reskia Ekasari

    4 Juni 2020

    Dulu sewaktu kecil pernah nyeberang laut gitu, gak biasa sih jadinya mabok laut. Kayaknya saya kalo ke Sumba lebih milih jalur darat ajalah ya hehe

  3. Balas

    BLOG MILITER

    5 Juni 2020

    seorang teman yang tinggal disumba juga mengatakan Indah.. jadin pingin coba kesana. gimana sebenarnya

  4. Balas

    Fiki

    5 Juni 2020

    Mantap wishlist-ku nambah satu lagi nih. kayaknya enak ke sumba πŸ™‚

  5. Balas

    Bayu cakra wibowo

    5 Juni 2020

    Jalur darat emang lama sih, tapi kalau ada niat pasti lelalh akan tak kerasa

  6. Balas

    Kuliahin

    5 Juni 2020

    Semoga suatu saat nanti bisa ke Samba juga, terima kasih infonya

  7. Balas

    David Ardianto

    5 Juni 2020

    Mungkin suatu saat nanti ada kepikiran untuk pergi ke sana untuk saat ini sih belum, sepertinya Indah ya tempatnya

  8. Balas

    Alam

    5 Juni 2020

    Wah jadi nambah daftar tempat yang akan saya kunjungi nanti, makasih informasinya gan

  9. Balas

    Apoo san

    5 Juni 2020

    Jadi ingin ke Sumba mbak. Sekalian dicantumkan tarif kendaraan umumnya kalau boleh mbak agar kita bisa ancang-ancang dalam segi ekonomi.

  10. Balas

    Eka Awaludin

    6 Juni 2020

    Backpacker-an kayanya seru ya, jadi pengen nyoba. Emang keindahan alam Sumba sangat istimewa, sering liat di Instagram. Semoga suatu saat saya bisa kesana.

  11. Balas

    RubrikPena.com

    6 Juni 2020

    Penget banget liburan ke sana. Biaya perjalanan yang murah nan asyik memang selalu di buru para traveler

  12. Balas

    bisot

    6 Juni 2020

    Pertama saya kira Sumba itu Sumbawa, duh luas sekali Indonesia yah, bersyukur kakak sudah pernah ke sana

  13. Balas

    Nurul Silvi

    6 Juni 2020

    Ayukkk ke sumba … swhabis corona tapi …hihihu

  14. Balas

    Sahrul

    6 Juni 2020

    Bisa nih buta nanti Bulan madu saya hihi

  15. Balas

    Azhar Bambang Gultom

    6 Juni 2020

    Wah.. sumba keren..
    Semoga next time saya akan injakkan kaki kesana, InsyaAllah

  16. Balas

    Aan Trias

    7 Juni 2020

    Kayaknya indah sekali disana pemandangan yang bagus dan banyak para wisatawan ke sana juga. Mungkin lebih cepat dan mudah menggunakan jalur udara. Semoga aja bisa sampai kesana.

  17. Balas

    Fina Hasyim

    7 Juni 2020

    Wah keren banget jadi backpacker yaa.. saya belum oernah ngerasain backpackeran gitu.. makasih infonya kak ;D

  18. Balas

    Arin Khurota A'yun

    7 Juni 2020

    Harapan saya setelah baca ini, semoga bisa kesana dengan semua yang telah ada dan backpacer-nya, saya rasa tulisan ini keren!

LEAVE A COMMENT